75 Desain Taman Belakang Rumah Minimalis Klasik

Saturday, November 7, 2015
75 Desain Taman Belakang Rumah Minimalis Klasik - Beberapa tahun ke depan, mungkin kita akan kesulitan menemukan area terbuka hijau atau taman-taman di tengah kota, apalagi di kota-kota besar. Hal ini dikarenakan pesatnya pertumbuhan ekonomi, dan penduduk, sementara lahan untuk tempat tinggal semakin hari semakin terbatas. Akibatnya, banyak lahan-lahan kosong yang digunakan sebagai tempat terbuka hijau atau sebuah taman dirubah menjadi gedung-gedung bertingkat untuk apartemen atau kompleks perumahan. Dan yang lebih parahnya lagi, orang-orang tidak terlalu peduli dengan semakin minimnya keberadaan taman disekitar mereka. Orang-orang yang tinggal dikota besar umumya sibuk bekerja hampir setiap hari, dan hanya memiliki sedikit waktu senggang sehingga, kebanyakan dari mereka tidak merasa membutuhkan keberadaan taman. Padahal, fungsi taman sebenarnya bukan hanya sebagai tempat refresing tapi juga berfungsi sebagai penyaring udara. 


Saat ini banyak daerah di perkotaan menghadapi polusi yang berlebihan. Seiring dengan penekanan terhadap pembangunan, ekonomi, industrialisasi dan penanggulangan emisi kendaraan. Akibat dari hal-hal tersebut, banyak kota besar yang mengalami pencemaran yang meliputi udara, air, dan tanah. Di Indonesia, polusi di Indonesia diperparah dengan peningkatan tajam penggunaan kendaraan bermotor yang dipicu oleh kemudahan kepemilikan kendaraan dan emisi industri.

Untuk menanggulangi pencemaran udara, salah satu solusinya adalah dengan penanaman pohon atau taman-taman di tengah kota. Pohon-pohon yang ada di taman, meski pun sedikit mampu menyaring karbondioksida dan menghasilkan oksigen sehingga udara di kota bisa menjadi lebih sejuk.

Tapi bila anda salah satu orang yang tinggal di kota besar dan kesulitan menemukan taman hijau yang layak, jangan khawatir. Solusinya, anda bisa kok menciptakan taman anda sendiri. Caranya, anda bisa menyulap halaman belakang rumah menjadi taman kecil yang asri. Meski pun taman belakang rumah anda tidak sebesar taman kota, keberadaan taman belakang rumah anda mampu membuat udara dirumah anda menjadi lebih asri, bersih, dan terhindar dari polusi.

Tapi, sebelum membuat taman, sebaiknya anda membaca tips sederhana menata taman belakang rumah minimalis modern seperti yang dilansir oleh dekorasirumah.org berikut ini.

Tips Sederhana Menata Taman Belakang Rumah Minimalis Modern

1. Pilih Berbagai Jenis Tanaman
Satu hal yang krusial dari sebuah taman adalah adanya tanaman. Tanpa tumbuhan atau tanaman sebuah taman tidak bisa disebut taman. Agar desain taman belakang rumah minimalis modern anda terlihat hidup dan kaya warna, berikan beberapa jenis tanaman di taman anda. Tidak masalah berapa banyak yang anda tanam, tetapi yang penting adalah variasi tanaman yang anda butuhkan. Anda bisa memilih tumbuhan dalam satu jenis atau pun berbagai jenis tanaman yang berbeda-beda. Anda juga bisa mengatur tumbuhan yang anda perlukan sesuai dengan luas atau space taman belakang anda. Perhatikan pula tentang keamanan karena beberapa tumbuhan seperti kaktus dan tumbuhan berduri lainnya tidak aman bagi anak-anak.  Anda bisa menghubungi penjual tanaman dan bunga terdekat untuk mengetahui tanaman yang cocok untuk rumah anda.

Sumber: architectaria.com

2. Menggantung dan Merambatkan Tanaman Pada Tembok
Ini adalah salah satu cara menyiasati terbatasnya lahan untuk taman belakang rumah anda. Ada berbagai jenis tanaman merambat yang bisa anda pilih. Bila anda tidak terlalu suka dengan tanaman merambat karena dianggap terlalu rindang, anda bisa mencoba membuat rak-rak bertingkat dan gantungan pot untuk menempatkan pot tanaman. 

Sumber: rumahku.com

3. Bagi Beberapa Tanaman Menjadi Beberapa Segmen
Taman minimalis akan terasa lebih luas bila anda membaginya menjadi beberapa segmen kecil. Tiap-tiap bagian bisa anda berikan satu atau beberapa jenis tanaman. Dan beberapa segmen bisa dipisahkan dengan jalan setapak atau aliran air. Dengan pengaturan yang tepat, taman minimalis pun akan tampak indah dan luas.

Sumber: dekorasirumah.org
4. Memberikan Bahan Keras Sebagai Penyeimbang Tanaman
Sesuai dengan tips sebelumnya, bahwa anda bisa membagi-bagi taman menjadi beberapa bagian kecil yang terpisah. Hal ini juga memberikan manfaat untuk anda agar bisa menambahkan material-material lain selain tumbuhan dan tanah. Anda bisa menyusun batu-batu kali atau potongan keramik sebagai jalan. Material keras ini justru akan menyeimbangkan taman dan membuatnya menjadi terlihat lebih alami. Oh ya, anda juga bisa menambahkan tiang kayu atau besi sebagai bahan penyangga untuk tumbuhan merambat.

Sumber: dekorasirumah.org

5. Memberikan Sentuhan Aneka Warna Pada Tanaman
Menyusun taman sama seperti menata interior dan dekorasi rumah. Anda juga harus memperhatikan unsur warna agar taman terasa lebih indah dan nampak hidup. Bahan utama sebuah taman didominasi oleh warna hijau dan warna coklat dari tanah, namun anda juga bisa menambahkan sentuhan warna-warna lain yang cerah. Anda bisa memanfaatkan bunga-bunga dan daun yang memiliki warna yang berbeda. Media tanam seperti pot pun bisa anda berikan sentuhan warna-warna agar lebih indah.

Sumber: dekorasirumah.org

6. Memberikan Unsur Air Pada Taman
Tips terakhir adalah memberikan unsur air pada taman. Anda bisa membuat kolam ikan atau air mancur, dan jika memang lahan yang ada sangat terbatas anda bisa membuat aliran air disela-sela taman. Selain bagus untuk tumbuhan, unsur air pada taman juga akan memberikan kesan hidup.


Sumber: gambarrumahh.com


Setelah membaca beberapa tips di atas, rasanya kurang lengkap bukan jika kami tidak memberikan desain taman belakang rumah, nah berikut ini kami akan memberikan 75 Desain Taman Belakang Rumah Minimalis Klasik yang bisa anda gunakan sebagai refrensi desain taman belakang rumah minimalis klasik anda.

75 Gambar Taman Belakang Rumah Minimalis Klasik


Sumber: rumahsederhana.xyz

Sumber: rumahsederhana.xyz

Sumber: rumahsederhana.xyz

Sumber: solusiproperti.com


Sumber: rumahdijual.com

Sumber: rumahkecilminimalis.com

Sumber: deckingandlandscaping.com.au

Sumber: minimalisdesainrumah.blogspot.com

 Sumber: thisforall.net


Sumber: berkerblog.blogspot.com

Sumber: rumahminimalisanda.com

Sumber: rumahsederhana.xyz

Sumber: hadies.xyz

Sumber: rumahsederhana.xyz

Sumber: rumahsederhana.xyz

Sumber: rumahsederhana.xyz

Sumber: rumahsederhana.xyz

Sumber: rumahsederhana.xyz

Sumber: rumahsederhana.xyz

Sumber: allrumahminimalis.blogspot.com

Sumber: sketsarumahminimalis.com

Sumber: idesainrumahminimalis2014.blogspot.com

Sumber: rumahin.com

Sumber: rumahin.com

Sumber: rumahin.com 

Sumber: desainrumahkeren.com

Sumber: interior.eltirachinas.com

Sumber: rumahminimalis3645.xyz

Sumber: godean.web.id

Sumber: godean.web.id

Sumber: desainroemahminimalis.blogspot.com

Sumber: desainroemahminimalis.blogspot.com

Sumber: desainroemahminimalis.blogspot.com 

Sumber: 

Sumber: desainic.com

Sumber: rumahminimal.com

Sumber: bestgarden.net

Sumber: desain-minimalis.com

Sumber: properti.kompas.com

Sumber: rumahkoe.net

Sumber: plus.google.com

Sumber: bichner.blogspot.com

Sumber: laely-widjajati.blogspot.com

Sumber: rumahbeton.com

 Sumber: hunianrumah.com


Sumber: typerumahminimalis.info

 Sumber: bestgarden.net


 Sumber: bestgarden.net


 Sumber: ssurianahyana.blogspot.com


 Sumber: decoragogo.com


 Sumber: homedestiny.blogspot.com


Sumber: olivaslawnservice.com

Sumber: kangashomeimprovements.com

Sumber: kangashomeimprovements.com

Sumber: kangashomeimprovements.com

Sumber: container-gardening-for-you.com

Sumber: backyardflowergarden.net

Sumber: backyardflowergarden.net
model taman belakang rumah
Sumber: bestgarden.net

Sumber: impressiveinteriordesign.com

Sumber: pinterest.com

 Sumber: bestgarden.net


Sumber: impressiveinteriordesign.com

Sumber: flowergardenpictures.com

Sumber: allposters.com

Sumber: decorcamp.com

Sumber: undodasaves.com

Sumber: hgtvgardens.com

Sumber: zelensad.com

Sumber: certifyspace.com

Sumber: bestgarden.net
contoh desain taman belakang rumah
Sumber: gardenpuzzle.com

Sumber: gardenings.co.uk

Sumber: furnicool.com

Sumber: thisoldhouse.com

Cantik-cantik sekali bukan 75 Desain Taman Belakang Rumah Minimalis Klasik di atas? Nah tertarik mencuri salah satu desain di atas dan menerapkannya di taman belakang rumah anda? Atau jangan-jangan anda sudah punya ide sendiri desain seperti apa yang cocok untuk taman belakang rumah anda?

Terima kasih sudah membaca artikel 75 Desain Taman Belakang Rumah Minimalis Klasik ini. Semoga bermanfaat!75 Desain Taman Belakang Rumah Minimalis Klasik





ads
0 Comments

0 comments:

Post a Comment test